oleh

Serka Dwiyono Koramil 0808/01 Kota, Kerja Bhakti Saluran Irigasi Kali Miri

Blitar, ALTADURINUSANTARA.COM – Babinsa Kelurahan Pakunden Serka Dwiyono Koramil 0808/01 Kota Kodim 0808/Blitar melaksanakan kerja bhakti pembersihan bertempat di sepanjang saluran irigasi kali miri Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Kamis (30/01/2020).

Pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan bisa mengakibatkan banjir. Kegiatan tersebut turut dihadiri Lurah Pakunden, Ketua Gapoktan, Ketua Poktan, Ketua Hippa dan para petani yang diikuti sekitar 30 orang serta Anggota Koramil 0808/01 Kota.

Serka Dwiyono Babinsa Koramil 0808/01 Kota disaat bersamaan mengatakan bahwa pembersihan aliran saluran irigasi kali miri ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan, sehingga dilaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah.

 

“Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan di sekitar sungai. Menurut dia, pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan.

Lanjut Serka Dwiyono juga menambahkan melalui “Gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Kelurahan Pakunden agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai.

 

Bukan hanya jalan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. “Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih bila ada air menggenang, nanti lama-lama dijadikan sarang nyamuk. Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran sungai dari berbagai kotoran atau sampah serta rumput yang mengganggu diharapkan air mengalir dengan lancar dan sungai juga terus terjaga kebersihannya, ” jelas Serka Dwiyono (Red).

Breaking News