oleh

Serma Munjali Dampingi Petani Menanam Padi Dengan Sistem Jajar Legowo

ALTADURINUSANTARA.COM|Tulungagung – Babinsa Desa Pakel Serma Munjali anggota dari Koramil 0807/04 Ngantru Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian menanam padi di lahan sawah milik bapak Hasim warga Dusun Pakisrejo Desa Pakel Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Minggu (21/04/2019).

Dalam kegiatan apapun bila dilaksanakan secara bersama-sama ataupun dengan bergotong royong, maka pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan. Metode yang dipakai untuk menanam benih adalah sistem tanam jajar legowo yang dipercaya dapat meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.

Kegiatan ini merupakan upaya khusus dalam mendorong para petani untuk lebih semangat dalam mensukseskan program luas tambah tanam khususnya di wilayah Kecamatan Ngantru. Untuk mencapai hasil yang optimal, produksi padi sangat ditentukan oleh kesuksesan Luas Tambah Tanam (LTT).

Serma Munjali menyampaikan bahwa dalam membantu petani, Koramil Ngantru tidak pada saat panen saja, namun pihaknya membantu sejak mulai pembibitan, penanaman, perawatan hingga panen. TNI bersinergi dengan PPL juga memberikan sosialisasi pada petani tentang pertanian yang baik, serta memberikan penjelasan pasca panen.

“Setidaknya proses awal budidaya padi telah dilalui, tinggal perawatan yang rutin hingga waktu panen yang akan datang.” tutup Serma Munjali.(Brt)

Breaking News