oleh

Tanggap Kesehatan, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Kembali Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis Untuk Warga di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Altadurinusantara, KEEROM – Kehadiran pemerintah dalam bidang kesehatan ditengah-tengah masyarakat khususnya yang berada di wilayah perbatasan sudah dirasakan secara nyata dengan wujud kegiatan pelayanan kesehatan yang digelar secara cuma-cuma oleh aparat TNI, Melalui Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang kembali menggelar kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Kamis, (21/10/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan kali ini dilaksanakan oleh personil kesehatan Satgas dari Pos Bompay, selain bekerjasama dengan aparatur kampung setempat melalui pendataan warga yang mengalami sakit, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista juga menggandeng Puskesmas Distrik Waris untuk memperoleh dukungan obat-obatan dalam rangka memperlancar kegiatan bakti sosial yang digelar ini.

“Bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian pemerintah melalui TNI dan instansi kesehatan pemerintah setempat, hadir ditengah-tengah masyarakat dalam rangka membantu kehidupan masyarakat khususnya masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan pengobatan sehingga dapat segera sembuh dari sakit yang dideritanya,” ungkap Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Bompay Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Serka Cecep Kusuma yang menyampaikan secara langsung bahwa kegiatan bakti sosial kesehatan ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat, metode pelayanan kesehatan kali ini yaitu dilaksanakan dengan cara berkeliling kampung dari rumah kerumah dan memberikan pengobatan secara gratis kepada masyarakat.

“Selain mendapat dukungan obat-obatan dari Puskesmas Distrik Waris, kami juga telah menyiapkan beberapa macam obat-obatan mulai dari vitamin sampai dengan obat penyembuh luka dan obat malaria untuk warga kampung Bompay, mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam mengatasi kesulitan masyarakat apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Cecep.

“Menurut Bintara Kesehatan kami Sertu Purzazin mengatakan berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, rata-rata warga mengalami linu-linu karena faktor umur, serta beberapa ada yang batuk dan flu,” tambah Cecep.

“Selain pemberian obat, kami juga memberikan vitamin kepada warga dan tidak lupa mengedukasi warga mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan dalam rangka meraih pola hidup sehat,” tutup Cecep.

Sementara itu, Ondo Tanah Kampung Bompay Bapak Musa (56) mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI Pos Bompay yang sudah membantu masyarakat dengan memberikan pengobatan dan pelayanan kesehatan secara gratis, karena sebelumnya masyarakat Kampung Bompay masih membudidayakan pengobatan secara tradisional yang untuk beberapa penyakit tertentu proses penyembuhannya memakan waktu cukup lama.


“Terimakasih bapak-bapak TNI Pos Bompay yang sudah kasih bantu, kasih obat dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kami, karena kami masyarakat sebagian besar tidak punya uang untuk berobat akhirnya masyarakat kami bergantung pada pola pengobatan secara tradisional dengan penyembuhannya yang lama,” ucap Musa. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP). Brt*

Breaking News