oleh

TMMD Kodim 0311 Pessel Selesai, Kampung Dilan tak lagi Terisolir

Altadurinusantara, PAINAN – Akses jalan yang selama ini menjadi dambaan bagi seluruh masyarakat Dilan yang tinggal di daerah pegunungan kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, untuk memudahkan aktifitas sehari hari kali ini telah menjadi kenyataan. Sebelum adanya pembukaan jalan baru kampung Dilan melalui program TMMD Ke -109 tahun 2020, Kodim 0311 Pesisir Selatan, masyarakat setempat hanya mengandalkan jalan setapak untuk keluar masuk perkampungan dalam menjalankan aktifitas bertani, perkebun maupun kegiatan lainnya.

Melalui program TMMD Ke -109, Kodim 0311 Pessel saat ini telah membuka akses jalan sepanjang 7,9 Km, peningkatan 3 gorong – gorong, dan program rehab rumah (RTLH) sebanyak 15 buah kerjasama dengan Baznas telah dilaksanakan dan selesai 100 %.

” Secara keseluruhan kegiatan program TMMD Ke-109, tahun 2020 Kodim 0311 Pessel di Nagari Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan berlangsung dengan lancar, aman dan tercapai sesuai target” jelas Letkol Inf. Gamma Arthadilla Sakti selaku Dansatgas TMMD dalam laporan kegiatannya dihadapan Kasrem, Pjs Bupati dan undangan yang hadir.

Penutupan program TMMD ini dilakukan di gedung Painan Convention Center (PCC) Pemkab Pesisir Selatan yang ditandai dengan pemukulan Gong dan penyerahan laporan hasil TMMD pada Rabu (21/10). Usai pelaksanaan penutupan secara resmi Kasrem dan rombongan m ninjau lukasi pembukaan jalan yang diawali dengan pengguntingan pita di titik nol Km pembukaan jalan yang dihadiri oleh masyarakat sekitar.

Dandim 0311/ Pessel menyampaikan, selain kegiatan fisik Satgas TMMD juga telah melaksanakan sasaran non fisik seperti penyuluhan hukum, narkoba, bela negara, radikalisme dan pendidikan, penyuluhan kesehatan, rekrutmen calon anggota TNI, dan kegiatan bhakti sosial lainya bersama sama dengan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Dandim juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya atas dukungan dari Pemkab Pessel, Istansi terkait serta terimakasih kepada saudara kami masyarakat yang berada di lokasi TMMD ke-109 tahun 2020, Kodim 0311 Pessel yang selama ini telah bergandeng tangan dan berbaur dengan Satgas TMMD dari awal kegiatan hingga berakhir nya TMMD hari ini.

” Terima kasih atas dukungan semua pihak, semoga apa yang telah dilaksanakan Satgas TMMD bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ungkap Dandim.

Dalam Amanat Pangdam I/ BB Mayjen TNI Irwansyah yang dibacakan oleh Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Amrizen SE menegaskan bahwa program TMMD ke-109 tahun 2020 secara serentak di 6 lokasi hari ini resmi ditutup dan secara keseluruhan semuanya mencapai 100 %, sesuai dengan tujuan sasaran program TMMD.

Kasrem menyampaikan, bahwa TMMD ini bertujuan untuk mewujudkan keikutsertaan TNI dalam mendukung percepatan pembangunan daerah yang selama ini tersisolir. Sesuai Tema program TMMD tahun 2020 “TMMD Mengabdi untuk Negeri,” yang harus dipertahankan oleh anggota TNI untuk selalu mendedikasikan pengabdian terbaiknya untuk negeri.

” Apa yang telah dilaksanakan selama program TMMD kita berharap agar terus dilanjutkan, dikembangkan menuju pembangunan yang bernilai positif,” tegas Kasrem 032 Wbr.

Kepada seluruh anggota Satgas TMMD, Kasrem mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas tugas pengabdian ini, jaga keselamatan saat kembali kerumah masing-masing dan jadikanlah TMMD ini menjadi pelajaran serta pengalaman berharga, sebagai bagian dari solusi memotivasi masyarakat. ” TNI lahir dari Rakyat, Mengabdi untuk Rakyat,”.

Pjs. Bupati Pessel Mardi mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan program TMMD ke-109, Kodim 0311 Pessel di Kampung Dilan, Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Baik itu fisik dan non fisik.

Kedepan Pemkab Pesisir Selatan, melalui OPD terkait akan melanjutkan apa telah dilaksanakan oleh Kodim 0311 Pessel agar bisa bermanfaat sebaik-baiknya.

Sementara itu Muslih salah satu warga yang mendapatkan perbaikan RTLH menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada bapak bapak TNI yang telah membedah rumahnya menjadi bagus dan layak seperti sekarang ini.

“Terimakasih bapak bapak TNI yang telah memperbaiki rumah saya sehingga menjadi seperti sekarang ini kalau tidak karena bapak TNI rumah saya tidak akan jadi seperti sekarang ini”, tutur bapak yang sudah berumur ini dengan mata berkaca kaca.

Hadir dalam kegiatan penutupan TMMD Forkopimda Pessel dan OPD terkait lainya, Dandim 0311 Pessel Letkol Gamma Arthadillah Sakti, Pj.Bupati Pessel Mardi, Kapolres Pessel, OPD dan Instansi terkait lainnya. (Penrem) red.

Breaking News