oleh

Warga Babulu : Babinsa Tidak Punya Sawah Tapi Ikut Membantu, Apa lagi Kita Yang Punya Sawah

ALTADURINUSANTARA.COM. PENAJAM–Tidak mengenal kata lelah, Babinsa Koramil 0913-03/Babulu Kodim 0913/PPU membantu petani panen padi milik kelompok tani Pasir Putih di desa binaannya, yang bertempat di Desa Gunung Makmur RT 01 Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kaltim, Sabtu (10/8/2019).

Danramil Babulu, Kapten Inf Martono menuturkan “ Babinsa kami yakni Serka Tafsir Babinsa Gunung Makmur melakukan pendampingan panen padi milik Sarni (50), salah satu Kelompok Tani Pasir Putih Desa Gunung Makmur dengan jenis padi serang dan ketan di lahan seluas 1 Hektar, dengan hasil panen pada tahun 2019 ini mencapai 75 karung atau 3,5 ton”.

“Kegiatan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian, sebagai salah satu langkah menyukseskan program pemerintah swasembada pangan di wilayah desa binaannya, Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku. Pada panen padi di areal pertanian milik warga Babulu sekarang sudah modern dengan menggunakan Mesin Dos berupa alat pemanen padi”, jelasnya.

“Kalau semua petani saat panen menggunakan alat ini, maka hasil panen maksimal, Selain membantu tanam dan panen padi, Babinsa selalu memberikan pendampingan secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses. Selain itu juga Babinsa kami melakukan penyuluhan pertanian bersama-sama dengan PPL kepada para kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi binaa,” ucap Danramil.

Darmawan selaku Ketua RT 01 mengatakan,”Dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah warga maka akan sangat berpengaruh sekali kepada semangat para petani untuk giat dalam beraktifitasnya karena, Babinsa aja yang tidak ikut punya sawah mau membantu apa lagi kita sendiri yang punya sawah,”Ungkap Ketuanya .

Sumber Penrem 091/ASN

Breaking News