oleh

Warga Gampong Buloh Adakan Kenduri Gajah, Babinsa Perkenalkan Diri 

Altadurinusantara.com|AcehBarat, Masyarakat Gampong Buloh mengadakan kenduri atau berdo’a supaya terhindar dari gangguan gajah liar. Kopda Ilham Babinsa Gampong Buloh Koramil 04/Mereubo Kodim 0105/Aceh Barat, Berkesempatan memperkenalkan diri, Selasa (2/4/19).

Gampong Buloh adalah salah satu Gampong  di Kec. Meurebo yang terletak di perbatasan antara Kec. Meurebo dan kabupaten Nagan Raya. Berjarak lebih kurang 20 km dari ibu kota kecamatan. Gampong Buloh masuk wilayah usaha tambang batubara milik PT. Mifa Bersaudara. Jumlah penduduk 65 kk dan terdapat 237 jiwa, sebagian besar berpropesi sebagai petani sebagai mata pencaharian dan sebagian ada yang bekerja sebagai karyawan di PT. Mifa Bersaudara.

Dalam bekerja sebagai petani banyak kendala yang dihadapi masyarakat di lapangan diantaranya adalah hama, salah satunya hama gajah di masyarakat aceh khususnya warga Buloh menyebut dengan Tengku Rayeuk yang sering masuk ke perkebunan warga dan merusak tanaman. Disamping sebagai hewan yg dilindungi gajah merupakan hama perusak tanaman bagi masyarakat Buloh. Masyarakat Buloh terkadang bingung harus mengatasi masalah ini, apabila dibasmi maka mereka akan melanggar hukum karena membunuh hewan yang dilindungi pemerintah sementara disisi lain tanaman yang merupakan penghasilan mereka dirusak oleh gajah. Bahkan beberapa tahun silam ada salah satu warga Gampong Buloh dan warga Gampong sekitar yang pernah menjadi korban keganasan gajah hingga meninggal dunia.

Oleh sebab itu masyarakat Buloh mengadakan kenduri, berdoa kepada Allah SWT agar gajah tidak lagi menggangu kebun dan pemukiman mereka dan mereka mengundang ulama yang sangat dikenal di Aceh Barat yaitu Abu Usman Pelanteu dari Kec. bubon Kab. Aceh barat. Selesai berdoa Abu juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan tindakan yang tak terpuji dan mengeluarkan kata-kata yg tidak baik, karena Gajah mempunyai naluri dan insting yang sangat tajam, ujar Abu Usman.

Pada kesempatan tersebut Kopda Ilham memperkenalkan diri yang merupakan babinsa baru Gampong Buloh menggantikan babinsa sebelumya. Kopda Ilham adalah personil baru di Koramil 04/Meurebo karena sebelumnya bertugas di Batalyon 116/GS. Kopda Ilham sendiri berasal dari jakarta yaitu suku Betawi, Kopda Ilham juga menyampaikan bahwa istrinya adalah warga Reudeup yang merupakan tetangga Gampong Buloh. Dengan perkenalan singkat ini Kopda Ilham berharap masyarakat bisa lebih mengenalnya sebagi babinsa Buloh dan untuk perkenalan lebih jauh dia akan sering datang ke Gampong menyapa masyarakat Buloh.

Darwis sekretaris Gampong Buloh dalam sambutanya mengatakan sangat senang dengan kehadiran Bpk Ilham sebagai babinsa di Gampong Buloh, karena selama ini Babinsa Buloh adalah pribumi (warga aceh) sementara kali ini ada Babinsa yang jauh datang dari Ibukota Jakarta bahkan beristrikan warga sekitar Buloh. Kami warga Gampong  Buloh mengangap Babinsa  ini adalah bagian dari keluarga kami sendiri sebaliknya pun demikian sehinga nantinya Babinsa lebih sering berkunjung ke Gampong kami, ujar Darwis.(Red)

Breaking News