oleh

Wujud Kemanunggalan TNI Rakyat, Satgas TMMD ke-110 Sambangi TPI

Altadurinusantara, Medan – Program TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai disela kesibukan personil satgas melaksanakan pekerjaan fisik juga dimanfaatkan oleh personil satgas untuk komunikasi dengan masyarakat disekitar tempat tinggal.

Salah satu contohnya Prada Ayub. Di sela waktu senggang selepas bekerja di lokasi sasaran fisik, Ayub pergi menyambangi para nelayan di Tempat Penjualan Ikan (TPI) di Km 2 Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Mentawai.

Di sana, Ayub membangun komunikasi sosial (komsos) dengan para nelayan, sambil sesekali ikut membantu memecah es batu ataupun mengangkat ikan ke lapak (meja) untuk dijual.

Kepada para nelayan di TPI itu, Ayub mengingatkan untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara-cara yang dapat merusak kelestarian alam bawah laut.

Seperti menggunakan pukat trawl (harimau) ataupun dengan bahan peledak, sehingga terumbu karang tetap terjaga keasriannya dan ikan dapat terus berkembangbiak untuk anak dan cucu di masa depan.

Dalam komsosnya ini juga, Ayub mengimbau kepada para nelayan untuk mendaftarkan putra-putri mereka masuk tentara guna dididik menjadi prajurit profesional.

Inilah sekelumit potret kegiatan sampingan personel Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai di sela jadual padat mengejar target perampungan sasaran fisik dan non fisik.

Apa yang dilakukan Prada Ayub inipun tak urung mendapat apresiasi dari Pgs Kapendam I/BB, Letkol Inf Robinson
Tallupadang.

“Beginilah seharusnya potret sosok sejati Prajurit TNI di tengah-tengah masyarakat. Tidak lelah untuk memberikan darma bakti terbaiknya dan terus memotivasi rakyat agar bangkit meraih kesejahteraan guna perbaikan masa depannya,” ucap Letkol Robinson dari Media Centre Pendam I/BB di Medan, Minggu (21/3/2021).

Letkol Robinson berharap personel Satgas TMMD di enam Kodim jajaran Kodam I/BB, bisa terus mengembangkan kreativitasnya untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarkat desa.

“TMMD ini tidak semata-semata mengejar pembangunan sarana dan prasarana. Tetapi pembangunan SDM juga penting dilakukan, sehingga percepatan pembangunan dari pedesaan akan tumbuh secara utuh, baik dari sisi infrastruktur maupun manusianya,” pungkas abituren Akmil 2000 ini.

*Sumber: Pendam I/BB

Breaking News